Usaha sembako (sembilan bahan pokok) merupakan usaha yang cukup menggiurkan, karena walaupun harga sembako terus meningkat, namun akan selalu dicari konsumen. Namun ada pula masalah-masalah dalam usaha sembako, walaupun demikian dengan keadaan usaha sembako Anda saat ini ada baiknya kita mengetahui beberapa permasalahan bisnis dalam usaha sembako sebagai pelengkap kesiapan kita dalam menghadapi berbagai permasalahan dalam bisnis sembako di kemudian hari.
Image Source: Bawahlaci.com

Ada beberapa diantaranya permasalahan dalam usaha sembako, seperti:

Persaingan Yang Ketat.

Usaha sembako memiliki banyak pesaing, karena tergolong cukup mudah untuk dimulai dan margin keuntungan yang cukup menggiurkan.  Konsumen memiliki banyak pilihan toko, sehingga sulit untuk mengharapkan pelanggan yang setia.  Ditambah pula dengan persaingan dari minimarket dan supermarket yang menawarkan kenyamanan serta “gengsi” lebih dalam berbelanja, serta waktu buka yang cenderung lebih panjang.

Harga Sangat Variatif.

Tidak seperti produk-produk lain pada umumnya, harga sembako dapat bervariasi setiap hari.  Hal ini menimbulkan masalah dalam usaha sembako. Jika Anda terlambat menaikkan harga, Anda akan rugi karena keuntungan Anda menjadi kurang dan harus ditambahkan pada modal stok berikutnya.  Sebaliknya jika Anda terlambat menurunkan harga, maka konsumen akan membandingkan harga di toko Anda yang lebih mahal dibanding toko lainnya, sehingga bisa jadi toko Anda akan mendapat image “mahal” dan konsumen akan mulai beralih.  Belum lagi masalah stok yang tersisa yang mengalami penurunan harga, sehingga mengakibatkan Anda mengalami kerugian yang cukup besar.

Kehilangan Dan Kerusakan Stok.

Beberapa stok dalam usaha sembako, misalnya beras dan gula (terutama yang curah/eceran), sangat sulit untuk dicatat.  Sehingga jika terjadi pencurian kecil, Anda akan sulit untuk mendeteksinya.  Selain itu kesalahan dalam penataan stok juga bisa mengakibatkan stok yang lama belum terjual, namun stok yang lebih baru sudah terjual lebih dahulu.  Sementara stok yang tidak terjual dalam waktu lama juga bisa mengalami kerusakan.  Tentunya hal ini juga akan menjadi kerugian Anda.

Namun masalah-masalah dalam usaha sembako ini jangan melunturkan niat Anda untuk berusaha di bidang ini.  Karena Anda masih bisa mencari jalan keluar untuk mengatasi permasalahan yang ada. Misalnya : untuk mengatasi persaingan yang ketat, Anda bisa menciptakan ciri khas usaha Anda sendiri, entah dengan jasa pengiriman gratis atau mungkin menerima order melalui telepon.

Sedangkan untuk mengatasi masalah harga dan stok dalam usaha sembako, sebaiknya Anda tidak menyimpan stok produk terlalu banyak. Misalnya : cukup untuk penjualan seminggu atau dua minggu saja, dan setiap minggunya Anda dapat membeli stok yang baru.  Sehingga jika ada variasi harga yang merugikan, Anda tidak akan menderita kerugian terlalu banyak.  Dan stok yang terbatas juga akan lebih terkontrol, sehingga masalah kehilangan dan kerusakan stok juga bisa diminimalisir.

BERIKAN EXPRESIMU=>