Talkers, Kamu suka minum air lemon dicampur madu pada pagi hari ? Simak artikel berikut ini,
Image Source: Inspirasi.co

Sebelumnya saya pernah membahas kandungan nutrisi lemon, manfaat lemon untuk kesehatan dan kecantikan, dan cara membuat masker dari kulit jeruk lemon. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas manfaat air lemon dicampur madu untuk konsumsi di pagi hari

Manfaat yang diperoleh dari minum madu dan lemon pada pagi hari

Manfaat yang diperoleh dari minum madu dan lemon pada pagi hari Image Source: blog.viva.com

Menurunkan berat badan. Siapa yang tidak tergiur dengan manfaat tersebut? Meminum madu dan lemon pada pagi hari dipercaya dapat menghancurkan lemak. Meskipun begitu, jangan hanya mengkonsumsi madu dan lemon saja, harus tetap dibarengi dengan pola makan yang lebih sehat.

Mencegah infeksi saluran kencing. Hal ini disebabkan karena madu memiliki fungsi sebagaiantibakteri dan bisa membunuh kuman penyebab infeksi. Ramuan madu dan lemon mampu membersihkan saluran kencing.

Membersihkan hati dari racun. Ketika kita minum berbagai obat-obatan dan alkohol, hati akan bekerja lebih cepat dan akan merusak fungsinya lama-kelamaan. Hati pun perlu dibersihkan untuk mencegah dari penyakit yang dapat merusak hati. Meminum campuran madu dan lemon mampu membantu membersihkan racun.

Membersihkan saluran pencernaan. Madu dan lemon berfungsi sebagai alat detox karena madu memiliki fungsi antibakteri.

Membuat tubuh tidak gampang sakit. Lemon dan madu dipercaya dapat membuat tubuh lebih segar karena dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Pendapat pakar kesehatan mengenai minum lemon dan madu pagi hari.

Pendapat pakar kesehatan mengenai minum lemon dan madu pagi hari. Image Source: Manfaatonline.com

Di mata pakar kesehatan, lemon memang sehat bagi tubuh karena mengandung asam sitrat dan vitamin C yang tinggi. Asam sitrat (asam yang terdapat dalam kelompok buah citrus) baik untuk membuat air seni menjadi lebih basa.

Ketika diminum pada pagi hari bersama air hangat, lemon dapat menjaga keseimbangan pH tubuh agar terjaga kesehatannya serta terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu juga membantu menjaga kesehatan liver dan sebagai tonik bagi tubuh setelah tidur berjam-jam di malam harinya.

"Air lemon efeknya seperti 'listrik' buat tubuh. Membuat tubuh jadi lebih segar dan tidak mengantuk lagi setelah bangun tidur," tutur praktisi gaya hidup sehat dr. Phaidon L. Toruan.

Menurut dokter yang berpraktik di Melinda Hospital, Bandung ini, komposisi utama madu sebenarnya lebih banyak gula. Ada tiga jenis gula yang terkandung dalam madu yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa. Sukrosa sendiri merupakan kombinasi dari dua macam gula, glukosa dan fruktosa.

"Sebenarnya sama aja gula pasir. Di dalam satu sendok makan madu mengandung 5-6 gram gula, mungkin bisa mencapai 20 kalori. Tidak terlalu tinggi memang. Jadi apakah minum air lemon dan madu itu sehat, tergantung. Kalau yang terbiasa minum itu boleh saja, tapi buat yang belum sebaiknya cek dulu kondisi tubuh," jelas dr. Johannes.

Soal klaim kesehatan yang menyebutkan bisa bantu menyehatkan tubuh dan turunkan berat badan, pria lulusan S2 di Deakin University, Melbourne ini mengingatkan untuk tidak 'mendewakan' honey lemon shot sebagai satu-satunya cara untuk hidup sehat. Hidup sehat dan makan dengan gizi seimbang tetap lebih penting.

Kalau menurut saya pribadi jangan terlalu sering mengkonsumsi air lemon dicampur madu alias Honey Lemon Shot pada pagi hari. Karena bagaimanapun air lemon rasanya masam kalau terlalu sering diminum takutnya berdampak negatif dengan lambung.

Baca Juga : Cara Membuat Masker Lemon Untuk Mencerahkan Wajah
Baca Juga : Kandungan Nutrisi Lemon
Baca Juga : Manfaat Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan
Baca Juga : Cara Membuat Masker Kulit Lemon Untuk Kecantikan Kulit


Dunia Bidan

YOUR REACTION?