Manajemen keuangan adalah sebuah proses mengatur sumber keuangan, termasuk akuntansi dan laporan keuangan, membuat anggaran, mengumpulkan kuitansi, manajemen risiko dan asuransi bisnis.

Sistem manajemen keuangan untuk suatu usaha kecil meliputi bagaimana cara kita mengatur arus keuangan dan bagaimana mengatur keuangan di dalam usaha tersebut. Bagaimana dengan manajemen keuangan bisnis Anda?

Yang harus dilakukan pertama kali saat membuat aturan atau pengaturan keuangan bisnis adalah apakah kita akan mengaturnya sendiri atau menyerahkan kepengurusannya pada orang lain? Apakah pengaturan yang Anda lakukan sudah benar atau belum bisa Anda konsultasikan dengan mereka yang lebih paham mengenai manajemen keuangan. Masalah keuangan dalam bisnis ini memang memiliki banyak alternatif untuk melakukannya jika Anda memang tidak terbiasa atau tidak memiliki background manajemen keuangan. Kita bisa saja mengaturnya sendiri, menyewa pegawai sebagai asisten, menyimpan laporan sendiri tetapi menyewa akuntan khusus untuk pengelolaan pajak.

Atau bisa juga memiliki buku laporan keuangan eksternal yang mengelola transaksi keuangan tapi punya akuntan untuk mengatasi fungsi laporan secara formal. Ada beberapa perusahaan akuntan yang menyediakan jasa akuntan laporan keuangan. Anda juga bisa mengunduh software untuk membuat laporan dan akuntansi sendiri dari internet.

Buku keuangan memuat kegiatan operasional sehari-hari dan menyimpan transaksi rutin di dalam akun yang sesuai. Membuat manajemen keuangan bisnis Anda berjalan dengan baik memerlukan usaha yang sungguh-sungguh agar arus keuangan bisnis pun bisa berjalan lancar. Merancang sistem akuntansi, mengumpulkan kuitansi dan bon, membayar pegawai, membayar supplier dan membayar pajak dengan benar adalah kegiatan di dalam suatu keuangan bisnis.

Merancang manajemen keuangan yang kita butuhkan dengan pemeliharaan yang minimum bisa membuat usaha kecil menjadi lebih menyenangkan dan menyelamatkan kita dari masalah-masalah yang mungkin timbul di kemudian hari. Jadi, pada dasarnya sistem akuntansi berasal dari sistem keuangan yang baik. Apa bedanya sistem keuangan dengan sistem akuntansi?

Akuntansi adalah gambaran proses bisnis yang sedang berjalan termasuk pendapatan, pengeluaran, asset, hutang piutang atau sebuah system organisasi yang berfungsi untuk melacak arus uang di dalam bisnis kita, melacak kemana seharusnya uang mengalir. Sedangkan sistem keuangan adalah sistem yang menjaga transaksi nyata sesuai pada tempatnya. Jadi kedua hal ini harus ada dan berjalan baik pada manajemen keuangan bisnis Anda.

Bisnis akan menjadi besar dengan manajemen keuangan yang baik sehingga kita tahu apakah bisnis kita merugi atau untung, apakah laba kita kecil atau besar, apakah kita mampu melakukan ekspansi bisnis atau sementara cukup, apakah bisnis kita sehat atau sudah masuk kategori pailit, semua bisa dilihat pada manajemen keuangan bisnis yang benar. Maka, mulailah bisnis Anda dengan melakukan manajemen keuangan bisnis dengan benar.

BERIKAN EXPRESIMU=>