Talkers, apakah kamu berniat memulai usaha jasa foto? simak 7 tips memulai bisnis jasa Fotografi berikut ini.

Foto, saat ini sudah menjadi bagian sehari-hari hampir sebagian besar orang. Dengan segala perkembangan teknologi, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya, mengabadikan momen atau menangkap suatu objek dalam sebuah foto menjadi sangat mudah dan cepat. Namun begitu, jasa fotografi profesional tetap dibutuhkan, karena berbagai sebab dan tujuan, misalnya fotografi untuk pernikahan.

Apabila Anda berniat untuk memulai bisnis jasa fotografi profesional, secara garis besar ada 2 hal yang harus dipersiapkan, yaitu menguasai teknik fotografi dan mengasah kemampuan bisnis. Sehubungan dengan hal tersebut, berikut 7 Tips Memulai Bisnis Jasa Fotografi :

  1. Untuk menguasai teknik fotografi, ikuti kursus fotografi yang sesuai dengan Anda, baik dari segi materi, siapa mentor, maupun reputasinya (misalnya, dilihat dari siapa saja fotografer sukses yang telah dihasilkan oleh lembaga kursus tersebut).
  2. Sesuaikan modal awal yang Anda miliki dengan apa yang akan Anda ‘belanjakan’. Misalnya modal awal Anda pas-pasan, bisa dipertimbangkan untuk membuat kantor/studio di salah satu ruang/sudut di rumah Anda, sehingga belum perlu menyewa/membeli ruang/kantor untuk digunakan sebagai studio foto.
  3. Investasi perangkat keras seperti kamera profesional/semi profesional dan segala perlengkapannya (berbagai macam ukuran lensa, flash light, tripod, baterai cadangan, media simpan, dan lain-lain), dan perangkat lunaknya seperti Photoshop. Untuk software, sebaiknya Anda memilih yang versi berbayar. Kenali dengan baik kamera Anda dan segala perlengkapannya, misalnya bagaimana memilih lensa yang tepat untuk tempat dan situasi pada waktu pemotretan, dan lain sebagainya.
  4. Bergabung dengan komunitas fotografer baik secara offline maupun online, untuk berbagi pengalaman, ilmu, dan memperluas jaringan. Ikuti acara hunting foto yang biasa diadakan oleh komunitas dimana Anda bergabung untuk meningkatkan teknik foto Anda.
  5. Promosikan hasil foto anda, bisa melalui media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, blog/website, dan lain-lain), maupun melalui brosur, spanduk, atau apapun yang sesuai dengan Anda, dan lakukan sesering mungkin.
  6. Untuk mengasah kemampuan dan intuisi bisnis fotografi, Anda dapat hadir di acara seminar, talk show, workshop, atau membaca buku-buku tentang bisnis.
  7. Terakhir, lakukan bisnis fotografi Anda dengan passion, bukan sekedar pekerjaan, karena bagaimanapun, dalam fotografi diperlukan sentuhan rasa dan kreatifitas. 

Just Start Today.

Whatever you can do, or dream you can, begin it. ~Johann Wolfgang von Goethe~

BERIKAN EXPRESIMU=>